Friday, April 6, 2018

Lapangan Arena Olahraga Bola Voli Secara Lengkap

Posted at  4:45 PM  |  in  Pendidikan

https://mitazaedu.blogspot.co.id - Inilah Lapangan Arena Olahraga Bola Voli Secara Lengkap. Kami bagikan untuk menambah wawasan dalam bidang olahraga khususnya permainan bola voli. Karena seringkali atau banayak yang bertanya. Apakah punya gambar lapangan bola voli menurut ukurannya? maka di sini kami akan sajikan secara lengkap.

Arena Olahraga Voli
Olahraga volly adalah cabang olahraga beregu yang dimainkan oleh 2 tim yang masing-masing tim terdiri dari 6 orang pemain dengan lapangan yang dipisahkan oleh net dan setiap regu hanya bisa memainkan bola dengan 3 kali sentuhan (Munasifah, 2008:3). Pantulan bola yang diperbolehkan menggunakan  seluruh anggota badan (PP. PBVSI, 2011:15).
Tabel Ukuran lapangan Voli
 

DIMENSI / UKURAN LAPANGAN VOLI

 
Panjang lapangan 18 m, lebar lapangan 9 m, tinggi ruang lapangan minimal 7 m keatas, daerah bebas 3 m dari masing-masing tepi lapangan, panjang net 9,5-10 m, lebar  net 1 m, tinggi net untuk putra 2,43 m, tinggi net  untuk putri 2,24 m, tebal garis–garis lapangan 5 cm, garis serang 3 m dari garis tengah, garis service 20 dari garis batas.

Gambar dan ukuran lapangan bola voli
Gambar dan ukuran lapangan bola voli
Lapangan permainan bola voli berbentuk empat persegi panjang dengan ukuran panjang 18 meter dan lebar 9 meter. Lapangan dikelilingi oleh daerah bebas selebar 3 meter dengan suatu penghalang setinggi 7 meter dari permukaan lapangan permainan. Untuk kompetisi internasional yang resmi, daerah bebas itu harus berukuran 5 meter dari garis samping dan 8 meter dari garis akhir. Penghalangan ruang bebas harus berukuran minimal setinggi 12,50 meter dari permukaan lapangan permainan. 
Baca :
a.    Garis batas lapangan
Garis batas lapangan voli meliputi: 1) Dua garis samping dan dua garis akhir menandai batas-batas lapangan permainan. Baik garis samping maupun garis akhir termasuk ke dalam ukuran lapangan permainan. 2) Garis tengah, garis tengah (poros) membagi lapangan permainan menjadi dua petak lapangan yang masing-masing berukuran 9 x 9 meter. Garis ini terentang dibawah net dari garis samping kegaris samping lainnya. 3) Semua garis lapangan lebarnya 5 cm, harus berwarna terang, dan berbeda warna dari warna lantai dan garis lainnya.


b.    Daerah lapangan permainan
Daerah lapangan permainan meliputi: 1) Daerah depan, daerah depan pada setiap petak lapangan dibatasi oleh poros (garis tengah) dan garis serang yang berjarak 3 meter dari garis tengah. 2) Daerah servis, daerah servis lebarnya 9 meter dan berada dibelakang garis akhir. Sisi-sisinya dibatasi oleh dua garis pendek, masing-masing panjangnya 15 cm. 3) D aerah pergantian, daerah pergantian adalah perpanjangan dari kedua garis serang di deket meja pencata. 4) Daerah pemanasan, untuk kompetisi yang dilaksana kan FIVB, daerah pemanasan berukuran 3 x 3 meter. Tempatnya adalah di sudut samping bangku cadangan diluar daerah bebas.

Untuk selengkapnya bisa di unduh pada url berikut.
Semoga bermanfaat.

Share this post

About Naveed Iqbal

Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim venenatis fermentum mollis. Duis vulputate elit in elit. Follow him on Google+.

0 comments:

?max-results="+numposts1+"&orderby=published&alt=json-in-script&callback=onepostwidget\"><\/script>");
About-Privacy Policy-Contact us
Copyright © 2013 MITAZAEDU. Blogger Template by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.
back to top