Saturday, September 9, 2017

Pelajaran Kerajinan Tangan/SBDP Cara Membuat Topeng Dari Kertas atau Karton

Posted at  5:21 AM  |  in  Pendidikan

Dalam sebuah Cerita atau dongeng tentang topeng biasa digunakan dalam pesta terkait dengan musim perayaan Karnaval. Selama perayaan agama ini, orang-orang memadati jalanan menggunakan kostum untuk berpesta sebelum hari pra-Paskah. Kostum yang digunakan termasuk topeng mencolok dengan beragam bentuk dan ukuran. Desain topeng pesta cukup sederhana, yaitu topeng menutupi bagian atas wajah pemakainya dan terkadang melekat di bagian pegangannya. Kini, topeng pesta juga dipakai di pesta-pesta kostum non-agama atau saat Halloween. Bahkan topeng sekarang ada yang digunakan dalam waktu sesorang diwawancarai sebuah televisi dan mukanya ditutupi dengan memakai topeng, alasannya simpel agar yang memberi keterangan tidak diketahui wajahnya. Oh aku ingat waktu duduk dibangku sekolah dasar aku pentas drama menceritakan totoh yang terkenal dan aku memakai topeng tokoh tersebut, sama halnya dengan teman-teman ku memakai topeng sesuai tokoh yang diperan kannya. 
Kunungi juga yang berkaitan dengan materi ini seperti pada link di bawah ini.

Sekarang mari kita lihat atau perhatikan cara membuat topeng kupu-kupu dengan Kertas atau Karton di bawah ini.
Menggunakan Kertas Atau Karton
    Gambar berjudul Make a Masquerade Mask Step 1
1. Pilih atau ciptakan desain topeng sendiri. Topeng umumnya berada di atas alis dan berakhir di bagian atas tulang pipi, namun topeng Anda tidak harus seperti itu.
Pada dasarnya topeng pesta adalah topeng berbentuk oval memanjang secara horizontal dengan sebuah lekukan yang menonjol untuk bagian hidung. Topeng pesta yang lebih besar dapat lebih menutupi bagian pipi dan dahi dengan titik yang dilebihkan pada salah satu ujungnya. Carilah ide dari internet atau pun toko kostum. Anda juga harus menentukan bahan yang digunakan untuk konstruksi topeng Anda.

    Gambar berjudul Make a Masquerade Mask Step 2
2. Gambarkan sketsa atau cetak garis bentuk dasar desain yang Anda inginkan pada selembar kertas. Untuk topeng yang lebih kuat, gunakan karton. Anda juga dapat menggunakan beberapa lembar kertas untuk membuatnya lebih kuat.
Anda memerlukan garis bentuk biasa dengan banyak bagian putih di dalamnya. Gunakan kertas tepat berukuran letter. Jangan gunakan kertas yang lebih kecil, dan kertas berukuran lebih besar juga akan sia-sia.


    Gambar berjudul Make a Masquerade Mask Step 3
3. Tambahkan detail pada garis bentuk. Melakukan hal ini dapat membantu Anda untuk mendapatkan bentuk topeng yang Anda suka. Anda dapat menyesuaikan topeng seperlunya atau menambahkan detail untuk menjadikannya bagian dari bentuk topeng.
Menambahkan bentuk api atau sambaran akan membuat garis bentuk topeng menjadi lebih menarik atau bahkan mengubah bentuknya. Gunakan bentuk api, sambaran, hati, bintang, dan bentuk geometris.


    Gambar berjudul Make a Masquerade Mask Step 4
4. Potong desain yang telah dibuat. Berhati-hatilah! Gunakan gunting yang baik agar hasilnya terlihat rapi. Tambahkan ruang lebih jika akan menggunakan tali atau penahan untuk topeng.
Buat lubang di bagian mata lebih besar daripada ukuran mata Anda. Lebih banyak ruang visual akan membuatnya lebih aman, lebih nyaman, dan cenderung terlihat lebih baik.


    Gambar berjudul Make a Masquerade Mask Step 5
5. Tandai topeng Anda untuk diwarnai. Langkah ini sangat penting agar hasil akhir topeng tidak buruk atau tidak sesuai dengan keinginan Anda. Buatlah tanda yang halus agar tidak terlihat menembus cat.
Membuat desain untuk permukaan topeng mungkin memerlukan banyak warna dan tekstur. Membuat sketsa garis bentuk terlebih dahulu dapat mempertahankan bentuk simetris pada topeng.


    Gambar berjudul Make a Masquerade Mask Step 6
6. Warnai topeng. Berhati-hatilah memegangnya saat mewarnai, cat yang masih basah dapat mengotori topeng atau pakaian Anda. Buat beberapa lapis agar tercipta topeng kaya warna.
Pilihan warna tergantung selera, namun warna umum untuk topeng adalah merah dan metalik. Gunakan kuas kecil agar dapat mewarnai dengan rapi.


    Gambar berjudul Make a Masquerade Mask Step 7
7. Biarkan cat sepenuhnya kering. Bersabarlah, mungkin ini perlu waktu lama. Taruh dan biarkan topeng di atas permukaan yang sudah diberi alas di ruang terbuka.
Pengeringan bisa memakan waktu hingga 4 jam, tergantung jenis cat yang Anda gunakan.


    Gambar berjudul Make a Masquerade Mask Step 8
8. Lem bagian-bagian tambahan. Hal ini terserah Anda, namun tetap pertimbangkan baik-baik ornamen yang digunakan. Terlalu banyak ornamen akan membuat topeng Anda terlihat berlebihan.
        Topeng pesta umumnya terlihat mencolok, jadi menambahkan bahan seperti berlian imitasi, glitter dan bulu warna-warni adalah hal yang wajar. Tetaplah pada tema dan jangan membuat topeng terlihat berlebihan.


    Gambar berjudul Make a Masquerade Mask Step 9
9. Warnai dan hiasi gagang agar cocok dengan topeng. Jika tidak ada, buatlah dari sebuah sumpit, sedotan keras, atau selembar karton.
Bulu adalah dandanan yang umum untuk gagang, namun Anda bisa menggunakan mutiara, dedaunan, atau ornamen apa pun yang dirasa cocok.


    Gambar berjudul Make a Masquerade Mask Step 10
10. Rekatkan gagang ke bagian belakang topeng. Gunakan pistol lem panas untuk cara termudah merekatkannya, namun cara lain juga boleh digunakan.
Posisi gagang tidak begitu penting. Sebagian topeng memiliki gagang di bagian tengah, ada pula yang di samping, bahkan beberapa topeng tidak memiliki gagang sama sekali.

    Gambar berjudul Make a Masquerade Mask Step 11
11. Biarkan lem mengering. Pegang gagang selama 30 detik untuk memastikan. Jika masih goyang, tambahkanlah lem lagi.
Goyangkan topeng Anda, jika sudah terlihat kuat, Anda berhasil!
Demikianlah yang dapat diposting pada kali ini. Silahkan praktekkan untuk anak-anak kita, ini bisa digunkan dalam sebuah pentas seni, mislanya dalam acara kenaikan kelas dan acara lainnya. Semoga bermanfaat.

Share this post

About Naveed Iqbal

Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim venenatis fermentum mollis. Duis vulputate elit in elit. Follow him on Google+.

0 comments:

?max-results="+numposts1+"&orderby=published&alt=json-in-script&callback=onepostwidget\"><\/script>");
About-Privacy Policy-Contact us
Copyright © 2013 MITAZAEDU. Blogger Template by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.
back to top