Saturday, September 9, 2017

Inilah 14 Tips Menikmati Hari Minggu Secara Maksimal

Posted at  6:14 PM  |  in  Lainnya

Selamat berjumpa kembali di hari libur atau hari Minggu ini. Selamat menikmati istirahat,,,,
Sebagian besar masyrakat kita sangat menunggu hari Minggu, karena hari minggu adalah hari libur. Baik kalangan anak-anak sekolah mulai dari tk sampai perguruan tinggi, juga termasuk gurunya, bahkan hampir semua orang-orang baik yang bekerja kantoran maupun buruh menantikan hari minggu. Sebab hari minggu ini kita akan memiliki 1 hari penuh tanpa bekerja, tanpa lembur dan tanpa macet. Memang banyak yang merasakan hari libur dari hari Sabtu, namun hari Minggu masih menjadi hari yang paling dinanti. Bagi Anda yang merasa lelah bekerja dari pagi sampai tengah malam selama 5 atau 6 hari penuh, maka cobalah untuk memaksimalkan hari Minggu dengan beberapa cara di bawah ini:
Di sisni Kami akan mencoba menyajikan 14 Tips Menikmati Hari Minggu Secara Maksimal 
1. Sekalipun libur cobalah untuk bangun lebih pagi
Bangun pagi lewbih awal

“Bangun agak siang saja, ini kan hari Minggu” Sering kita menolak ajakan untuk bangun pagi di hari Minggu. Karena hari Minggu adalah hari bermalas-malasan dan hari dimana kita bisa tidur lebih lama dari biasanya. Bangun siang memang tidak salah, tapi cobalah untuk sesekali bangun lebih pagi. Setelah melakukan ibadah pagi, Anda juga bisa melakukan banyak hal di hari Minggu, karena 1 hari Anda dimulai lebih awal dari yang lainnya. Anda bisa merasakan udara segar di hari Minggu, berkeliling lingkungan sekitar rumahpun Anda tidak akan menemukan kemacetan dan polusi. Dan inilah yang Anda butuhkan.

2. Hari minggu itu hari keluarga

Hari bersama keluarga
Gunakan hari Minggu Anda untuk berkumpul bersama keluarga. Bermain bersama anak, saudara ataupun bertamasya bersama mereka. Nikmati hari keluarga ini dengan maksimal, karena hampir setiap hari berkumpul bersama keluarga adalah hal yang sangat langka didapati. Maka ketika kesempatan itu ada, jangan sia-siakan untuk tidak berkumpul dan bertukar cerita bersama keluarga.

3. Jika Anda punya hobi maka lakukanlah di hari Minggu

Hobi Naik Gunung
Jika Anda merasa hobi Anda tidak bisa dilakukan karena terlalu sibuk bekerja atau sekolah, maka lakukan itu di hari Minggu. Berenang, bersepeda, jogging, membaca, menulis, memancing dan apapun itu lakukan secara maksimal di hari Minggu. Buat jadwal kapan Anda bisa melakukan hobi ini dengan baik. Jika memang ingin Anda bisa melakukannya di luar rumah, mencari tempat yang sepi untuk sekaligus memberikan refleksi pada tubuh Anda.

4. Masukkan olahraga dalam agenda wajib

Melakukan olahraga satu minggu satu kali
Dan yang ini tidak boleh dilewatkan. Jika Anda berada di kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang dan lainnya, berolahraga di hari Minggu adalah sebuah agenda wajib. Selain bisa menyehatkan badan walaupun hanya jogging di taman, tapi ini juga membuat Anda bisa merasakan 1 hari tanpa macet. Karena di kota-kota besar saat ini telah disediakan 1 lokasi yang khusus digunakan untuk berolahraga, yang biasa kita sebut Car Free Day. Anda juga bisa mengajak keluarga untuk bersama-sama berenang, bermain bulu tangkis, basket dan lain sebagainya. Olahraga harus selalu ada di dalam agenda hari Minggu, karena di hari ini kesempatan Anda untuk menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga.

5. Jangan sentuh gadget Anda untuk 1 hari ini saja

Mengisi hari Minggu dengan membaca buku
Terkadang kita tidak sadar, bahwa gadget atau teknologi bisa membuang-buang waktu kita untuk berlibur. Karena sosial media saat ini sudah sangat menjamur dan bahkan seolah tidak bisa lepas dari fikiran dan hati setiap orang. Tapi cobalah untuk tidak menyentuh gadget Anda barang hanya 1 hari saja. Abaikan saja segala gangguan yang ada, kecuali Anda rasa itu penting untuk Anda lakukan. Nikmati waktu libur Anda tanpa gangguan kecil sedikitpun.

6. Pergi mengunjungi tempat wisata

Pergi Menikmati indahnya suasana pegunungan sekitar
Tempat wisata yang bisa Anda kunjungi bukanlah yang harus mahal, jauh dan populer. Anda bisa pergi ke daerah di sekitaran puncak atau daerah perbukitan untuk sekedar menghirup udara segar. Bukan hanya itu, pantai juga bisa menjadi pilihan bagi tujuan wisata singkat Anda. Yang terpenting adalah kualitas Anda menikmati liburannya, bukan seberapa mahal, lama ataupun populer tempat itu bagi Anda.

7. Anda bisa pergi sendiri, berdua atau beramai-ramai

Merebahkan diri di suasana yang nyaman
Jangan kita pikir menikmati liburan sendiri itu menyedihkan. Ketika Anda sibuk bergelut dengan banyak orang setiap harinya, dan Anda rasa sudah menikmatinya, pasti suatu waktu Anda membutuhkan waktu untuk sendiri. Pergi dan menikmati waktu untuk diri Anda sendiri. Tapi berlibur dengan orang lain juga tidak ada salahnya. Dengan keluarga, teman dan orang terkasih lainnya juga bisa menjadi pengobat rasa lelah Anda saat bekerja.

8. Jangan sekalipun menyentuh pekerjaan!

Duduk menyyendiri melepas penat
Dan ini yang paling penting. Gunakan hari libur Anda sebagai hari dimana Anda melepas penat dan mengembalikan stamina untuk bekerja kembali. Jangan usik hari Minggu Anda dengan melihat bahkan benar-benar mengerjakan tugas kantor lainnya. Jadikan hari Minggu Anda tetap hari Minggu. Manfaatkan saja hari ini untuk melakukan apa yang Anda suka bukan yang terus membuat Anda terbebani hingga menjadi semakin lelah.

9. Temukan hobi baru Anda

Pergi ke kebun sambil memetik sayuran seperlunya
Saat Anda benar-benar menikmati hari Minggu ini, tentu akan ada kegiatan baru yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya. Jika Anda suka melakukan hal tersebut, Anda bisa menjadikannya sebagai hobi baru. Hobi yang bisa Anda lakukan di hari libur selanjutnya.

10. Tutuplah hari Minggu Anda dengan menuliskan cerita 1 hari penuh dalam jurnal

Mengaktualisasikan diri dengan cara menulis cerita 
Ketika hari Minggu Anda hampir usai, Anda bisa meluangkan waktu untuk sekedar menuliskan sesuatu pada jurnal harian Anda. Tulis saja kegiatan dan kejadian apa saja yang Anda alami selama 1 hari penuh ini. Tujuannya adalah untuk memberikan kenangan dan membangkitkan semangat Anda saat kembali beraktivitas esok hari. Jangan ragu untuk menulis sekalipun Anda merupakan orang yang jarang sekali menulis. Gunakan saja buku atau note kecil yang bisa Anda gunakan dan isi secara rutin. Jika Anda melihat halaman demi halaman jurnal itu, maka Anda akan merasa ingin melakukan hal baik yang ada di dalamnya lagi.

11. Menonton Televisi Bersama Keluarga
Pada hari Minggu kalau memang tidak ada acara keluar bersama keluarga, ataupun dengan teman-teman. Maka pergunakanlah hari minggu ini dengan cara menonton televisi di dalam ruangan keluarga,dengan cara ini akan terasa kelurga kita surganya arti sebuah keindahan yang tak ternilai harganya. Bahkan anak-anak kita pun akan merasakan kehangatan dalam sebuah kasih dan sayangnya dari orang tua. Silahkan nikmati saja dengan cara ini. Pasti penuh arti. Besok bekerja lagi dan cepat ingin pulang ke rumah karena keindahan bersama keluarga selalu teringat terus.

12. Makan Bersama Keluarga Di Suasana Tempat Tertentu
Hari Minggu sangatlah ditunggu-tunggu, apalagi kalau sudah direncanakan sebelumnya baik bersama keluarga sendiri, kerabat, maupun tetangga dekat. Makan bersama keluarga ini kalau di sunda yaitu dengan istilah botram, ada yang botram di pematang sawah, atau saung sawah, ada di pegunungan, bisa juga yang dekat dengan pantai peisir, seperti saya berada di lingkungan yang dekat dengan tempat rekreasi misalnya pantai Cijeruk indah di Sancang, Pantai Karang Paranje dll. Ini snagat lah berarti untuk merekatkan rasa tali persaudaraan bersama keluarga.

13. Jalan-Jalan Ke Pantai
Inilah yang sering kami lakukan bersama keluarga karena tempatnya sangat dekat sekali. suasana hari Minggu ini sangatlah berarti sambil sempal guyong di pinggiran pantai menikmati debur ombak laut kidul atau laut selatan bersama ini juga rasanya hari libur ini sangatlah di nanti setiap seminggu sekali.

14. Bersih-Bersih Rumah Bersama Keluarga
Inilah yang terakhir untuk menggunakan atau menikmati hari Minggu yang efektif. Buat mereka yang malas melakukan pekerjaan rumah, mungkin bisa termotivasi bila mengetahui berapa banyak kalori yang terbakar, seperti dilansir laman Independent. Kegiatan ini juga baik buat mereka yang malas atau tak punya waktu untuk berolahraga.
Pekerjaan seperti membersihkan debu atau menjemur cucian dapat membakar 171 kalori per jam, setara dengan empat camilan kue jaffa. Berikut jenis pekerjaan rumah yang bisa membakar banyak kalori.
Menyapu lantai atau halaman rumah
Membersihkan debu di lantai dapur atau daun-daun kering di teras selama satu jam dapat membakar 269 kalori. Artinya, 30 menit menyapu akan membakar 135 kalori, hampir sama dengan sekaleng soda.
Memindahkan perabotan yang posisinya kurang pas
Saat mendekorasi ulang perabotan dalam rumah, ada kalanya kita harus mengangkat barang-barang berat. Namun, pekerjaan ini dapat membakar 408 kalori. Sejam memindahkan perabotan sama dengan bermain tenis selama 50 menit.
Suasana rumah jadi nyaman dan adem.
Jadi, manakah yang ingin Anda lakukan di hari Minggu ini? Pastikan hari Minggu Anda menjadi hari yang menenangkan dan menyenangkan, agar esok hari Anda bisa terbebas dari rasa stres bekerja dan akan semangat lagi.
Semoga 14 Tips Menikmati Hari Minggu Secara Maksimal ini menjadi gambaran bagi para pembaca semua. Kurang atau lebihnya mohon maaf. Itulah yang bisa kami share kali ini. Wass

Share this post

About Naveed Iqbal

Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim venenatis fermentum mollis. Duis vulputate elit in elit. Follow him on Google+.

0 comments:

?max-results="+numposts1+"&orderby=published&alt=json-in-script&callback=onepostwidget\"><\/script>");
About-Privacy Policy-Contact us
Copyright © 2013 MITAZAEDU. Blogger Template by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.
back to top